Minggu, 07 Oktober 2012

Cara mengubah air laut menjadi air tawar

Musin kemarau memang sudah lewat, dan di musim kemarau air bersih sulit ditemukan. disini saya cuma mau berbagi ilmu dan share tentang cara membuat air laut atau air asin menjadi air tawar.
ada pun bahan-bahan yang harus disiapkan sebagai berikut
bahan-bahan :
1. Drum 100 liter air
2. Pasir
3. Arang
4. Kerikil
5. ijuk
6. mineral clay jenis piropylite atau zeonit

Teknologi mengubah air laut menjadi air tawar mirip dengan teknologi penjernihan air. Menggunakan metode penyaringan atau filtrasi. Yang membedakan hanyalah pada formula batuan. Untuk mengubah air laut menjadi air tawar, batu piropylite atau zeonit harus direndam terlebih dahulu dalam cairan Natrium Hydroksida (NAOH2) selama waktu tertentu untuk kemudian dijemur hingga kering.
Batuan piropylite kemudian dihancurkan menjadi tiga ukuran yang berbeda, mulai dari yang halus, agak kasar, dan kasar. Semua bahan kemudian dimasukkan ke dalam drum plastik secara terpisah dan berlapis.

Lapisan paling bawah adalah batuan zeonit yang ditumbuk halus. Kemudian berturut-turut di atasnya batuan yang agak kasar, kemudian batuan yang kasar. Setiap lapisan dipisahkan oleh tampah yang terbuat dari anyaman bambu yang bagian tepinya dihilangkan.

Lapisan di atas batuan adalah ijuk. Di bagian atasnya berturut-turut kerikil, karbon, atau arang hingga lapisan paling atas yakni pasir.
  

formula yang sementara ini diterapkan adalah untuk kapasitas 100 liter. Sedangkan untuk bahannya masing-masing 10 kilogram. Sedangkan natrium Hidroksida untuk merendam batuan ini diperlukan lebih kurang 10 gram. "Air laut mengandung garam yang merupakan ion negatif. Dalam prosesnya nanti ion negatif ditukar dengan ion negatif dari batuan yang sudah direndam dalam larutan NAOH2.”

Mudah-mudahan bermanfaat buat yang punya masalah dengan air :)
FB : Hudzaifah Uje
Twitter : @HudzaifahUJE
Skype : hudzaifahuje
  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar